Company Profile

Mirota muncul pada tahun 1950 an, berembrio dari usaha kue kecil-kecilan kini berkembang menjadi berbagai jenis usaha yang bersaing. Adalah Tini Yuniati Hendro Sutikno wanita kelahiran Yogyakarta 24 Juni 1918 sosok dibalik lahir dan berkembangnya Mirota. Mengawali usaha di rumahnya FM. Noto 7 Yogyakarta Tini Yuniati beruntung memiliki teman seperti Bp. Kasmat Bahuwinangun dan Bp. R. M. Soesalit yang merupakan putra dari Raden Ajeng Kartini, dimana dari kedua temannya inilah Tini Yuniati bisa mendapat bantuan alat-alat yang digunakannya untuk membuat roti.

 

Dalam perjalanan waktu disertai dengan kerja keras dan laku prihatin yang sangat berat Tini Yuniati mengembangkan usahanya di kawasan Malioboro (sekarang menjadi Ramai Dept. Store). Dalam perkembangan inilah suami Tini Yuniati yakni Hendro Sutikno mencoba melebarkan sayap dengan membangun suatu perusahaan baru di bidang industri susu yang kemudian diberi nama PT. Mirota KSM.

PT Mirota KSM berdiri pada tanggal 15 November 1973. Dalam menjalankan usahanya ini Hendro Sutikno dan Tini Yuniati dibantu oleh kelima anaknya yakni Iswanti, Siswanto, Ninik Wijayanti, Arianti, serta Hamzah. Setelah Hendro Sutikno meninggal dunia di Tahun 1975  maka usaha ini pun mulai dijalankan oleh putra-putrinya. Siswanto ditunjuk menjadi Direktur Utama, sementara Tini Yuniati beserta keempat anaknya yang lain menjadi Dewan Komisaris. Kini dalam perjalanannya PT. Mirota KSM di jalankan oleh kelima bersaudara tersebut setelah Tini Yuniati meninggal dunia di Tahun 2004.

 

Profesionalitasme tinggi dalam bekerja disertai dengan kejujuran adalah hal utama yang harus tercermin di PT. Mirota KSM. Keinginan untuk selalu lebih baik dan lebih maju menjadi motivasi tersendiri dari seluruh elemen pegawai dan juga pimpinan PT. Mirota KSM. Menjaga stabilitas keamanan produk serta berbagai studi yang komperhensif slalu dilakukan manakala PT. Mirota KSM hendak mengeluarkan suatu produk baru. Jaminan  kualitas pun selalu menjadi yang utama bagi PT. Mirota KSM. Setiap langkah produksi mulai dari barang datang , hingga produk sampai ke pasaran, dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat. Hal ini semata-mata dilakukan demi kemanan dan kenyamanan konsumen dalam mengkonsumsi segala macam produk yang dihasilkan oleh PT. Mirota KSM.

 

Kini sebagai satu-satunya Perusahaan Industri Susu di Indonesia yang keseluruhan modal dan sahamnya dimiliki oleh anak-anak negeri sendiri, PT. Mirota KSM mempunyai beban berat dan tanggung jawab yang besar dalam  menjalani bisnis industri susu  ini. Beban berat manakala pelaku bisnis asing mulai menjamah Pelaku Industri Susu di Indonesia yang menyebabkan persaingan akan semakin berat kedepannya, dan  tanggung jawab yang besar bagi PT. Mirota KSM untuk memberikan pengertian, semangat dan kemauan yang keras serta sifat pantang menyerah kepada seluruh rakyat Indonesia guna memberikan dasar dan tonggak di dunia bisnis bahwa anak negeripun bisa..!!